Jumat, 26 Oktober 2012

Logika dan Perasaan

Entah gue dapet judul itu dari mana. dan gue nulis ini juga entah nulis apa ya. Tolong dimaafkan.
Sebenernya judulnya gak sesuai sama mood gue saat ini sih. Tapi entah kenapa kepikiran aja kata-kata itu. dan sekarang gue harus susah payah nyari topik yang ada hubungannya sama judul itu disaat mood gue gak sedang dalam konteks yang diharapkan. Gondok. Just nice.

Oke deh terpaksa gue harus nyingkirin mood yang gondok ini dan ganti dengan konteks yang diharapkan.

Umm....

Nah!
Gue mau kasih pencerahan sedikit nih. Karna gue -ingin jadi- calon psikolog /amin doain semoga jadi beneran hehe/ gue lagi ngelatih kemampuan analisis (?) gue terhadap sesuatu yang berhubungan dengan kejiwaan /cieelah/. Kalo emang belum tepat atau masih terjadi kesalahan yah dimaklumi lah, orang gue kan bukan psikolog, cuma bercita-cita jadi psikolog, dan lagi latihan. Gausah bash bisa kan. Namanya juga latihan.

Pasti pada tau kan, GALAU? iya deh tau, kalian ga mungkin ga tau. Itu kan lagi mainstream nih sekarang-sekarang ini. Nah pada tau juga kan biasanya GALAU itu representative nya sama tentang cinta?
Gini, gue kasih sedikit pencerahan tentang GALAU karena CINTA.



Pertama gue kasih tau dulu ya, disini gue gak bermaksud buat nge-bash, jelek-jelekin someone, nge-blame cinta, memojokkan orang-orang yang galau cinta atau apalah. Gue cuma ngasih pendapat, oke. Jadi no bash.
Kalo ada yang masih nganggep gue nge-bash dan sebagainya, jauhin gue aja kali ya.
Sekali lagi, gue gak maskud sok tau atau sok menggurui loh yaw.


Well, cinta itu sesuatu yang kompleks, fleksibel, yang punya banyak definisi. Cinta itu gak punya definisi yang konstan, tergantung cara pandang masing-masing individu terhadap cinta. Dan kita gak bisa hidup tanpa cinta. karena di setiap aktivitas yang kita lakukan itu pasti ada cinta, disadari ataupun tidak. Intinya cinta itu rumit. dan kayaknya gue masih belum cukup wawasan buat ngomongin tentang sesuatu yang mempunyai definisi luas. kam to the fret.


Coba pikir deh, buat apa kalian galau karna cinta? Cinta bukan buat digalauin. Cinta itu buat memperindah hidup, menyempurnakan perasaan, memotivasi, (or everything else ._.)


Ada yang bilang cinta itu tentang perasaan, ga bagus kalo pake logika. Nah, coba pikir deh. Cinta emang perasaan. Tapi gak selamanya kan cinta harus pake perasaan? Cinta juga harus pake logika, biar seimbang. Semua butuh keseimbangan. Tanpa logika cinta tuh terlihat bodoh. Cuma ngandalin perasaan. Yang mana perasaan itu akan menyiksa diri kita sendiri yang akhirnya membawa kita ke pintu gerbang kegalauan. Disini nih yang butuh logika.
Kalo kita bilang 'Cinta itu buta' 'Cinta itu mengubah segalanya' dan lain sebagainya tentang cinta itu blah blah, keluarkan logika kita. Cinta ga akan terasa buta kalo kita pake logika. Cinta ga akan mengubah segalanya kalo kita pake logika (mungkin konteksnya pada dampak yang buruk kali ya).
Kalo kalian hanya pake perasaan sama aja diperbudak oleh cinta. Pikiran kita udah dikendalikan oleh cinta. Tapi kalo kalian mau pake logika sedikit, kalian pasti gak akan diperbudak oleh cinta dan pikiran kita gak akan dikendalikan.
Which mean kalo kita menggunakan logika, gak akan terjadi manusia beranjak menuju pintu gerbang kegalauan, karena logika kita jalan, jadi neutralizer buat perasaan itu sendiri, buat menyeimbangkan perasaan itu.

Terus ya, gini, kita ambil contoh aja dari masalah-masalah mainstream di kalangan remaja, tentang cinta tentunya.

Lo suka sama cowo, galau karna dia ga nembak lo, dia gatau lo suka sama dia. Ya lo logika aja dong. Gimana dia mau nembak lo orang dia juga belom tau perasaan lo. Trus gimana dia mau tau perasaan lo orang lo nya aja diem gak ngasihtau ke dia kalo lo suka sama dia.
Oke mungkin di beberapa sisi ada yang udah semacam ngasih kode ke dia, tapi kembali ke awal, kalo lo tau dia orangnya gak peka ya kenapa lo ga ngomong langsung aja. Daripada temen lo yang bilang ke dia kalo lo suka sama dia, mending lo yang bilang langsung.
Kalo ada yang masalahnya beda dari yang dicontohkan, pikir aja sendiri pake logika.
Dan gue pernah ngalamin kejadian ini, bukan pengen ditembak sih tapi cuma bilang ke mantan kalo gue masih suka /ehem/ /cough/

kayaknya gaya harsh dan gaya abnormal dalam bahasa pengetikan gue mulai muncul deh .-.

Trus, ngegalauin mantan, belum bisa move on. To be honest gue juga pernah ngalamin ini sih. dan selama hampir setaun gue galau.
disini, coba dipikir, buat apa ngegalauin mantan yang jelas-jelas udah gak suka sama lo, udah gak mungkin balikan sama lo. Udah impossible.
Toh lo juga masih punya banyak kerjaan selain ngegalauin dia yang jelas gak bakal balik lagi sama lo (kecuali kalo nantinya dia emang jodoh lo ._. hehe). Ngegalauin dia juga ga bakal bikin lo balikan kan? Ngegalauin dia gak bikin lo banyak duit? Gak bikin lo kaya? Gak bikin lo pinter? Can't make anything. Cuma bisa ngebikin lo terus berada dalam keterpurukan. Makanya itu ada logika buat ngangkat lo dari keterpurukan.
Pikirin urusan lo yang lain. Ngegalauin gituan mah gak ada hasil apa-apa. Coba move on. Dan move on itu ga harus ke orang. Bisa ke tingkah laku, interest, barang, bahkan gak ke apapun juga bisa. Gue nih move on ke pelajaran, dan hasilnya, well, not that bad like the previous semester, at that time. heh

Yakinin diri lo dulu kalo lo mau move on. Yakinin diri kalo ngegalauin dia gak ada artinya, gak ada manfaatnya malah banyak mudharat nya. Terus tentuin lo mau move on ke mana. Pastikan move on ke hal yang lebih baik, jangan lebih buruk. Itu sama aja =_=

Bisa dimengerti kan? Sorry soalnya gue gak pinter sesuatu yang berhubungan dengan mendeskripsikan-sesuatu.

Jadi intinya Cinta tuh gak selamanya pake perasaan, Cinta juga harus diimbangi pake logika, karena logika itu mencegah hal-hal buruk/negatif yang ditimbulkan dari perasaan cinta itu sendiri, yang mana akan merugikan diri kita sendiri.
Karena logika mengimbangi perasaan. Karena di dunia ini semua harus seimbang. Ada baik dan buruk. Ada senang dan bahagia. Ada sakit ada sehat.

dan ada kamu ada aku :3

1 komentar:

  1. Nice post.. :-)
    Orang galau memang sering lupa kalo mereka masih punya akal yang sehat dan cerdas .

    BalasHapus